Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMA ..............................
Kelas / Semester :
XII (Dua belas) / II (Dua)
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi: 3. Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala
kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika
modern.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||||
3.1
Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan
sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya.
|
Pendahuluan Teori Kuantum
|
Religius
Jujur
Toleransi
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
·
Menafsirkan data radiasi benda
hitam dalam diskusi kelas.
·
Merumuskan radiasi benda hitam
(termasuk hukum pergeseran Wien), postulat Planck dan dualisme gelombang
partikel cahaya dalam diskusi kelas.
·
Memaparkan hasil kajian
literatur tentang perilaku radiasi benda hitam yang berkaitan dengan gejala
pemanasan global.
|
·
Mendeskripsikan fenomena
radiasi benda hitam.
·
Mendeskripsikan hipotesis
Planck tentang kuantum cahaya.
-
Menerapkan karakteristik
radiasi benda hitam untuk menjelaskan gejala pemanasan global.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes
isian
Tes PG
Tes uraian
|
Suatu benda hitam pada suhu
127 0C memancarkan energi
180 J/s. Jika suhu benda terus berkurang hingga menjadi 27 0C.
Energi yang dipancarkan sekarang menjadi ....
Frekuensi cahaya tampak
6 x 1014 Hz. Konstanta Planck
6,6 x 10-34 Js, maka besar energi foton adalah ....
A. 1,975 x 10-17 J
B. 2,975 x 10-18 J
C. 3,975 x 10-19 J
D. 4,975 x 10-19 J
E. 5,975 x 10-19 J
Jelaskan aplikasi dari sifat radiasi
benda hitam dalam kehidupan sehari-hari.
|
6x40’
|
Buku Fisika SMA dan MA Jl.3B (Esis) h. 1-24 dan buku referensi yang
relevan.
|
3.2
Mendeskripsikan perkembangan teori atom.
|
Teori Atom
|
Religius
Jujur
Toleransi
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
-
Membuat dan menjelaskan model
atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr berdasarkan kajian literatur secara
berkelompok.
-
Mendiskusikan perumusan
kuantitas energi, momentum, perubahan energi, dan panjang gelombang foton
pada elektron menurut teori atom Bohr.
-
Mengkaji literatur untuk
mencari informasi tentang deret
spektrum atom hidrogen.
|
· Mendeskripsikan karakteristik teori atom Thomson, Rutherford, dan
Niels Bohr.
- Menghitung perubahan energi elektron yang mengalami eksitasi.
- Menghitung panjang gelombang terbesar dan terkecil pada deret Balmer,
Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund pada spektrum atom hidrogen.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes PG
Tes
isian
Tes
uraian
|
Kegagalan model atom
Thomson karena ....
A. atom
tidak dapat dipecah-pecah lagi
B. massa
atom tersebar merata dan mengisi seluruh ruangan atom
C. elektron
mengelilingi inti pada lintasan tertentu (orbit)
D. massa
atom terpusat di suatu titik pusat (inti atom)
E. secara
keseluruhan atom bersifat netral
Energi yang diemisikan
oleh elektron yang berpindah dari orbit dengan bilangan kuantum 3 ke 1 adalah
....
Diketahui konstanta
Rydberg sama dengan 1,097 x 107 m-1. Tentukan panjang
gelombang terpanjang dari deret: a) Balmer, b) Lyman,
c) Paschen, d) Brackett,
dan
e) Pfund.
|
6x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3B (Esis)
h. 25-62 dan buku referensi yang relevan.
|
3.3. Memformulasikan teori relativitas khusus
untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang
diterapkan dalam teknologi.
|
Teori Relativitas Khusus
|
Religius
Jujur
Toleransi
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
-
Mendefinisikan relativitas dalam berbagai masalah
melalui kegiatan tanya jawab di kelas.
-
Merumuskan relativitas panjang,
massa, waktu, momentum, dan energi dalam diskusi kelas.
-
Mengkaji literatur untuk
mencari informasi tentang kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.
|
-
Memformulasikan relativitas
khusus untuk massa, panjang dan waktu.
-
Menganalisis relativitas
panjang, waktu, massa, energi, dan momentum.
-
Mendeskripsikan penerapan
kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Penugasan
|
Tes PG
Tes
uraian
Tugas rumah
|
Sebuah pesawat
luar angkasa bergerak dengan kecepatan 0,1 c.
Jika penumpang berjalan
sejauh 50 m, maka jarak menurut pengamat di bumi adalah ....
A. 49,8 m D. 42,8 m
B. 39,8 m E. 41,8 m
C. 39,9 m
Sebuah partikel bergerak
sedemikian cepat sehingga energi totalnya mencapai 1,1 kali energi diamnya.
Hitunglah:
a. kecepatan gerak
partikel
b. energi kinetik
partikel
Buatlah artikel
tentang penerapan kesetaraan massa dan energi pada
teknologi nuklir.
|
4x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA Jl.3B (Esis)
h. 63-86, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.
|
Standar Kompetensi: 4. Menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan
radioaktivitas dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||||||||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||||||||||||
4.1
Mengidentifikasi karakteristik
inti atom dan radioaktivitas.
|
Inti Atom dan Radioaktivitas
|
Religius
Jujur
Toleransi
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
-
Mendiskusikan karakteristik
inti atom dan kestabilan inti atom.
-
Mengkaji literatur untuk
mencari informasi tentang karakteristik radioaktivitas.
-
Menghitung defek massa, energi
ikat inti, energi ikat per nukleon, waktu paroh, dan laju peluruhan dalam
berbagai pemecahan masalah.
|
-
Mendeskripsikan karakteristik
inti atom.
-
Mendeskripsikan karakteristik
radioaktivitas.
·
Mendeskripsikan prinsip
kesetaraan massa dan energi pada konsep energi ikat inti.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes PG
Tes isian
Tes
uraian
|
Gambaran dari
suatu inti atom dapat diketahui dari ....
A. massa atom
B. nomor atom
C. jumlah nukleon
dalam inti
D. nomor atom dan
nomor massa
E. semua jawaban
salah
Ketika inti
melakukan peluruhan beta negatif, maka
sifat inti yang dihasilkan dibandingkan inti asal adalah ....
Hituglah defek
massa, energi ikat, dan energi ikat per nukleon dari:
a. inti nitrogen
b. inti helium
|
8x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA
Jl. 3B (Esis)
h. 87-118, buku referensi yang relevan, dan lingkungan.
|
|||||||||
4.2. Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam
teknologi dan kehidupan sehari-hari.
|
Energi Inti dan Efek Radiasi
|
Religius
Jujur
Toleransi
Mandiri
Demokratis
Komunikatif
Tanggung Jawab
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
-
Mendiskusikan skema reaktor
atom dan manfaatnya.
-
Mengkaji literatur untuk
mencari informasi tentang karakteristik radioisotop.
-
Mengkaji literatur untuk
mencari informasi tentang pemanfaatan radioaktif dalam kehidupan sehari-hari.
-
Menghitung umur fosil atau
batuan dengan menggunakan prinsip waktu paroh.
-
Mengkaji literatur untuk
mencari informasi tentang bahaya radioaktif dan cara mengurangi risikonya.
|
- Mendeskripsikan skema reaktor nuklir dan manfaatnya.
- Mendeskripsikan karakteristik radioisotop.
- Mendeskripsikan pemanfaatan radioaktif dalam bidang kesehatan,
industri, dan pertanian.
- Mendeskripsikan penghitungan umur fosil atau batuan dengan menggunakan
prinsip waktu paroh.
- Menunjukkan bahaya radioaktif dan cara mengurangi risikonya.
|
Penugasan
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tugas
rumah
Tes
isian
Tes
uraian
Tes PG
Tes
uraian
|
Buatlah poster yang memuat
skema reaktor nuklir disertai nama bagian dan fungsinya masing-masing.
Isotop yang
bersifat radioaktif disebut ....
Sebutkan pemanfaatan radioaktif dalam bidang kesehatan, industri, dan
pertanian.
Waktu paroh
C-14 5.730 tahun. Fosil tulang mengandung C-14 sebesar 25%, umur tulang
tersebut adalah ....
A. 11.460
tahun
D. 2.865 tahun
B. 5.872,5
tahun
E. 5.730 tahun
C. 1.432,5
tahun
Jelaskan bahaya radioaktif dan cara mengurangi
risiko yang ditimbulkannya.
|
6x40'
|
Buku Fisika SMA dan MA
Jl. 3B (Esis)
h.119-144, buku referensi yang relevan, dan lingkungan
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Fisika
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar