RPP





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA .......................
Kelas / Semester           : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi
3.    Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.

Kompetensi Dasar
   3.2  Mendeskripsikan perkembangan teori atom.

Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendeskripsikan karakteristik teori atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.
·         Menghitung perubahan energi elektron yang mengalami eksitasi.
·         Menghitung panjang gelombang terbesar dan terkecil pada deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund pada spektrum atom hidrogen.


A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
-         Menjelaskan sifat-sifat sinar katoda.
-         Menjelaskan percobaan Thompson dalam mengukur perbandingan muatan dan massa elektron.
-         Menjelaskan percobaan Milikan dalam menentukan muatan dan massa elektron.
-         Menjelaskan perkembangan teori atom.
-         Membedakan keadaan dasar, keadaan tereksitasi, dan keadaan terionisasi.
-         Membedakan peristiwa eksitasi dan deeksitasi.
-         Menjelaskan deret spektrum atom hidrogen.
-         Membedakan deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund.
-         Menjelaskan efek Zeeman.
-         Membedakan bilangan kuantum utama, orbital, magnetik, dan spin.
-         Menjelaskan pengertian kaidah seleksi.
-         Menyebutkan larangan Pauli.
-         Membedakan kulit dan subkulit.

l  Bagaimana perkembangan teori atom?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sinar katoda. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai sifat-sifat sinar katoda. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Peserta didik memperhatikan penjelasan percobaan Thompson dalam mengukur perbandingan muatan dan massa elektron yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Guru menjelaskan percobaan Milikan dalam menentukan muatan dan massa elektron. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan besar dan jumlah muatan yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Guru memberikan beberapa soal menentukan besar dan jumlah muatan untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius,  Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Peserta didik memperhatikan penjelasan perkembangan teori atom (model atom Thompson, Rutherford, dan Bohr) yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Peserta didik secara berkelompok membuat kesimpulan mengenai perkembangan teori atom. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan
l Apakah yang dimaksud dengan bilangan kuantum orbital?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian keadaan dasar, keadaan tereksitasi, dan keadaan terionisasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk membedakan peristiwa eksitasi dan deeksitasi. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan deret spektrum atom hidrogen. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan panjang gelombang   dan energi yang dipancarkan untuk masing-masing deret yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Religius, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan panjang gelombang dan energi yang dipancarkan untuk masing-masing deret untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan efek Zeeman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bilangan kuantum. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Religius, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai karakteristik
l  Apakah yang dimaksud dengan kaidah seleksi?
l  Apakah yang dimaksud dengan konfigurasi elektron?
b. Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kaidah seleksi. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan larangan Pauli. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penempatan elektron-elektron dalam sebuah atom. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal penempatan elektron-elektron dalam sebuah atom yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan kulit dan subkulit. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian konfigurasi elektron. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penulisan notasi singkat konfigurasi elektron yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan konfigurasi elektron yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan konfigurasi elektron untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-      panjang gelombang terpanjang dari deret: a) Balmer, b) Lyman, c) Paschen,
-      d) Brackett, dan e) Pfund.
-                                                                                                                                  
-                                                                                                            ...............,...................
-      Mengetahui
-      Kepala SMA      /MA                                                                            Guru Mata Pelajaran
-       
-       
-       
-      ............................                                                                         ...................................
-      NIP/NIK.                                                                                                NIP/NIK./NIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar