RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA .......................
Kelas
/ Semester : XII (Dua belas) /
Semester II
Mata
Pelajaran : FISIKA
Standar
Kompetensi
3. Menganalisis
berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya
relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.
Kompetensi
Dasar
3.2 Mendeskripsikan perkembangan
teori atom.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan karakteristik teori atom Thomson,
Rutherford, dan Niels Bohr.
·
Menghitung perubahan energi elektron yang mengalami
eksitasi.
·
Menghitung panjang gelombang terbesar dan terkecil
pada deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund pada spektrum atom
hidrogen.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
-
Menjelaskan
sifat-sifat sinar katoda.
-
Menjelaskan percobaan
Thompson dalam mengukur perbandingan muatan dan massa elektron.
-
Menjelaskan
percobaan Milikan dalam menentukan muatan dan massa elektron.
-
Menjelaskan
perkembangan teori atom.
-
Membedakan
keadaan dasar, keadaan tereksitasi, dan keadaan terionisasi.
-
Membedakan
peristiwa eksitasi dan deeksitasi.
-
Menjelaskan deret spektrum atom hidrogen.
-
Membedakan deret
Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund.
-
Menjelaskan efek
Zeeman.
-
Membedakan
bilangan kuantum utama, orbital, magnetik, dan spin.
-
Menjelaskan
pengertian kaidah seleksi.
-
Menyebutkan
larangan Pauli.
-
Membedakan kulit
dan subkulit.
l Bagaimana perkembangan teori atom?
b.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
-
Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan sinar katoda. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru mengenai sifat-sifat sinar katoda. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan penjelasan percobaan Thompson dalam mengukur perbandingan muatan
dan massa elektron yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
menjelaskan percobaan Milikan dalam menentukan muatan dan massa elektron. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan besar dan jumlah muatan yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
memberikan beberapa soal menentukan besar dan jumlah muatan untuk dikerjakan
oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan penjelasan perkembangan teori atom (model atom Thompson,
Rutherford, dan Bohr) yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
secara berkelompok membuat kesimpulan mengenai perkembangan teori atom. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan
l Apakah yang dimaksud dengan bilangan kuantum orbital?
b.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
-
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian keadaan dasar, keadaan
tereksitasi, dan keadaan terionisasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan dari
tiap kelompok diminta untuk membedakan peristiwa eksitasi dan deeksitasi. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan deret spektrum atom hidrogen. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan deret Balmer, Lyman, Paschen,
Brackett, dan Pfund. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan panjang gelombang dan energi yang dipancarkan untuk
masing-masing deret yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Religius, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan
beberapa soal menentukan panjang gelombang dan energi yang dipancarkan untuk
masing-masing deret untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru mengoreksi
jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan efek Zeeman. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan bilangan kuantum. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Religius, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai
karakteristik
l Apakah yang dimaksud dengan kaidah seleksi?
l Apakah yang dimaksud dengan konfigurasi elektron?
b. Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kaidah
seleksi. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan larangan Pauli. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan penjelasan guru mengenai penempatan elektron-elektron dalam
sebuah atom. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal penempatan elektron-elektron dalam sebuah atom yang
disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan kulit dan subkulit. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian konfigurasi elektron. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan penulisan notasi singkat konfigurasi elektron yang disampaikan
oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik
memperhatikan contoh soal menentukan konfigurasi elektron yang disampaikan oleh
guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan
beberapa soal menentukan konfigurasi elektron untuk dikerjakan oleh peserta
didik. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius,
Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
panjang
gelombang terpanjang dari deret: a) Balmer, b) Lyman, c) Paschen,
-
d) Brackett,
dan e) Pfund.
-
- ...............,...................
- Mengetahui
- Kepala
SMA /MA Guru
Mata Pelajaran
-
-
-
- ............................ ...................................
-
NIP/NIK. NIP/NIK./NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar